5 Tips Penting Memilih Laptop Untuk Pekerjaan Kantor

Diposting pada

Jika Anda saat ini sedang mencari sebuah
laptop yang nantinya akan digunakan untuk menunjang pekerjaan di kantor,
berikut ada 5 tips penting yang sangat disarankan untuk disimak, sebelum
memutuskan untuk membeli.

Pekerjaan kantoran yang saya maksudkan di sini
adalah yang berhubungan dengan dokumen, tabel, presentasi dan berbagai
aktivitas olah dokumen lainnya. Berikut poin-poinnya:

1. Jenis Prosesor

Satu komponen yang paling vital pada sebuah
laptop adalah prosesor atau CPU. Unit tersebut akan menentukan performa laptop
dalam menjalankan program-program.

Kalau Anda merupakan tipe orang yang memiliki
sifat sabar dan tidak sering terburu-buru dalam mengerjakan suatu tugas, laptop
dengan prosesor Intel Celeron sudah cukup bagus untuk Anda miliki, karena secara
performa, Intel Celeron sudah cukup memadai saat dipakai untuk aktivitas
komputasi yang berhubungan dengan dokumen.

Namun sebaliknya apabila Anda merupakan tipe
orang yang menginginkan semua hal serba cepat, laptop dengan CPU Intel Pentium,
Core i3 atau AMD Ryzen series lebih direkomendasikan, sebab kinerja laptop
dengan prosesor tersebut cenderung lebih kencang.

 

2. Kapasitas RAM

RAM berfungsi untuk menyimpan data-data
sementara yang akan membantu beban kerja prosesor. Nah, kalau Anda terbiasa
melakukan pekerjaan dengan membuka banyak aplikasi sekaligus, disarankan untuk
membeli laptop yang memiliki ukuran RAM minimal 4GB.

Sebenarnya kapasitas RAM 8GB lebih bagus, dan
Anda direkomendasikan untuk memilih varian RAM 8GB jika budget tersedia.

Apabila Anda membeli laptop yang kapasitas
RAM-nya kurang dari 4GB, maka besar kemungkinan laptop akan sering ‘hang’ saat
menjalankan banyak program dalam waktu bersamaan, atau ketika membuka banyak
tab sekaligus saat browsing.

 

3. Layar

Oleh karena pekerjaan kantor biasanya memakan
waktu yang lumayan lama, untuk itu diperlukan kehati-hatian dalam memilih jenis
layar laptop yang akan digunakan.

Sangat disarankan untuk memilih layar yang sudah mempunyai fitur
Blue Light Shield dan Anti Glare. Blue Light Shield berfungsi untuk mengurangi
radiasi sinar biru yang diketahui berbahaya bagi kesehatan mata.

Sementara Anti Glare berguna untuk meredam pantulan cahaya dari
sekitar laptop diletakkan, sehingga layar lebih kelihatan bagus dan tidak
membuat mata silau.

Sebagai informasi tambahan, rata-rata layar laptop yang dijual di
pasaran saat ini sudah dibenamkan fitur Anti Glare, tapi masih sangat sedikit
yang telah menyertakan fitur Blue Light Shield.

 

4. Kelengkapan Port dan Colokan

I/O atau port dan colokan sebuah laptop adalah hal penting lainnya
yang perlu diperhatikan. Laptop dengan konektivitas yang lengkap akan
memudahkan kita dalam menyambungkan laptop dengan perangkat lain.

Minimal sebuah laptop harus mempunyai 3 port
USB. Kenapa tiga? Adalah karena nantinya Anda tidak perlu repot lagi membeli
aksesoris tambahan untuk menyambungkan perangkat seperti Mouse, Printer,
Flashdisk dan sebagainya.

Sementara di sisi konektivitas nirkabel,
sebaiknya laptop harus sudah mempunyai Wifi + Bluetooth.

Sebagai catatan, banyak laptop yang ada di
pasaran saat ini sudah tidak mempunyai colokan ethernet lagi. Nah, untuk hal
satu ini, sebaiknya untuk mengecek terlebih dahulu apakah di kantor, port LAN
dibutuhkan atau tidak?

 

5. Lihat Review Terlebih Dahulu

Jika keempat poin sebelumnya sudah
ditentukan, langkah terakhir adalah melihat atau membaca review laptop yang
sudah dipilih. Hal ini penting untuk mengetahui apakah semua fitur dan hal
lainnya sudah cocok dan sesuai dengan yang diharapkan.

Lalu di mana melihat review satu tipe laptop? Anda bisa
mengunjungi situs Review Laptop DotCo
untuk membaca review laptop merek-merek populer di tanah air seperti Asus,
Lenovo, Dell, Acer dan Hewlett-Packard. Atau alternatif lain adalah dengan
menonton video di Youtube.

Membaca dan menonton video review laptop mempunyai kelebihan dan
kekurangan masing-masing. Membaca artikel review biasanya poin-poin yang
disampaikan lebih lengkap, misalnya pada poin kelebihan dan kekurangan laptop
[Tolong masukkan URL https://www.reviewlaptop.co pada teks “kelebihan dan
kekurangan laptop”] tipe tertentu.

Kekurangannya adalah Anda tidak bisa melihat
bentuk fisik laptop secara langsung.

 

Demikianlah 5 Tips memilih laptop untuk
pekerjaan kantor seperti yang disampaikan di atas. Semoga tips-tips yang
disampaikan tersebut dapat membantu Anda ketika merasa bingung saat ingin
membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan.

https://seputarlampung.co.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *