Lagi, Bjorka Diduga Jual 217 Juta Data Dukcapil di Forum Hacker

Diposting pada

Lagi, Bjorka Diduga Jual 217 Juta Data Dukcapil di Forum Hacker. Foto: Istimewa

Teknologi.id – Belakangan ini, muncul berita mengenai dugaan kebocoran data dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kabar tersebut menyebutkan bahwa sebanyak 337,2 juta data dari Ditjen Dukcapil Kemendagri telah dijual di internet. Namun, Dirjen Dukcapil, Teguh Setyabudi, dengan tegas membantah kabar tersebut. Ia menyatakan kepada Bisnis bahwa tidak ada data yang bocor dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Terpusat Online pada hari Senin, 17 Juli 2023.

Baca juga: 337 Juta Data Dukcapil Diduga Bocor di Forum Hacker, Ini Tanggapan Kemendagri

SIAK adalah sistem digitalisasi yang digunakan oleh Dukcapil untuk memberikan pelayanan daring di berbagai daerah. Meskipun demikian, perkembangan terbaru menunjukkan bahwa dugaan kebocoran data masih berlanjut.

Pada Selasa, 18 Juli 2023, akun Twitter @DailyDarkWeb memposting informasi tentang penjualan dugaan 217,7 juta data SIAK dari Ditjen Dukcapil Kemendagri di situs gelap atau Dark Web. Data tersebut memiliki ukuran sebesar 131 GB.

 

Pelaku pengunggahan informasi di Dark Web diketahui dengan nama Bjorka. Bjorka adalah sosok yang sebelumnya telah mencuri data kementerian dan data pribadi tokoh publik, dan seringkali menjadi sorotan publik.

Data yang dijual terdiri dari Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, nomor Kartu Keluarga (KK), jenis kelamin, dan nama ibu kandung. Harga jual data tersebut mencapai US$5.000 atau sekitar Rp74,93 juta.

Sebelumnya, sekitar 337,2 juta data dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri telah dijual di situs Dark Web. Dugaan kebocoran data dari Dukcapil Kemendagri pertama kali mencuat melalui cuitan akun Twitter @DailyDarkWeb pada Sabtu, 15 Juli 2023 yang menyebutkan bahwa data dari Ditjen Dukcapil Kemendagri (dukcapil.kemendagri.go.id) sedang dijual.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(dwk)



https://seputarlampung.co.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *