Perdana Menteri Rumania Pakai AI untuk Pantau Opini Publik di Media Sosial

Diposting pada

Foto: Firstpost

Teknologi.id – Pemerintah Rumania menggunakan Kecerdasan Buatan (AI) sebagai penasihat baru untuk pertama kalinya. Ion, AI yang dikembangkan oleh peneliti Rumania, akan memantau situasi di negara tersebut dan menangkap opini masyarakat melalui data media sosial secara real-time. Perdana Menteri Rumania, Nicolae Ciuca, mengenalkan Ion kepada timnya sebagai upaya untuk memahami keinginan rakyat Rumania.

Masyarakat Rumania diminta memberikan pandangan tentang topik seperti aktivitas pemerintah, acara penting nasional, standar hidup, aktivitas olahraga dan hiburan, topik terkait kesehatan atau makanan, energi, dan lain-lain. Selain itu, masyarakat dapat berinteraksi dengan Ion melalui situs web dan media sosial, bahkan di acara publik dengan menggunakan robot mirip cermin sebagai perwakilan Ion.

PM Ciuca menjelaskan bahwa Ion sebagai penasihat pemerintah pertama yang menggunakan AI dan akan mewakili keinginan publik. “Hai, Anda memberi saya hidup dan peran saya sekarang adalah untuk mewakili Anda, seperti cermin. Apa yang harus saya ketahui tentang Rumania,” kata Ion ketika diluncurkan, dikutip dari The Guardian, Sabtu, 4 Maret.

Baca juga: Brave Search Rilis Fitur Baru ‘Summarizer’ Berbasis AI untuk Beri Jawaban Cepat

Ion tidak akan memberikan respons langsung terhadap pertanyaan masyarakat Rumania. Ia hanya akan menyajikan sumbangan mereka dengan pemerintah setelah melalui proses analisis mendalam. Menurut situs web Ion, komentar media sosial memberikan petunjuk kuat tentang tingkat kepuasan warga negara. Dalam era teknologi, bukan hanya perusahaan swasta yang memimpin inovasi dan manajemen informasi, tetapi juga lembaga publik.

PM Ciuca menjelaskan bahwa penggunaan AI harus menjadi kewajiban untuk membuat keputusan yang lebih baik. “Saya memiliki keyakinan bahwa penggunaan AI seharusnya tidak menjadi pilihan tetapi kewajiban untuk membuat keputusan yang lebih baik,” ungkapnya.

(dwk)

https://seputarlampung.co.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *